Rabu, 03 September 2014

Kuliah Kerja Nyata Konservasi (KKN-K) Jurusan Biologi FMIPA UB 2014

Kuliah Kerja Nyata Konservasi atau bisa juga disingkat dengan KKN-K merupakan salah satu pilihan mata kuliah wajib di Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Brawijaya Malang. Pada umumnya, KKN-K hanya dapat diambil oleh mahasiswa semester 6, karena beban mata kuliah lain sudah berkurang.

Oke disini saya ingin menceritakan pengalaman KKN-K kami. KKN-K ini merupakan proyek kerjasama dengan Laziz Baitul Ummah Malang dan Cendikia (Bimbingan Belajar). Dalam KKN-K ini kami dibimbing oleh Bapak kami tercinta, yaitu Assoc. Prof. Dr. M. Sasmito Djati. KKN-K ini beranggotakan 10 mahasiswa, diantaranya adalah Ovi, Firda, Galuh, Yola, Rere, Mbak Vina, Taufan, Islah, Bang Fadil dan Saya sendiri. KKN-K kami bertempat di Desa Bumiayu, Malang. Namun sebenarnya tidak hanya di Bumiayu, tempat KKN sifatnya kondisional terkadang kami bersama Cendikia mengajar di SD Islam Terpadu As Salam dan SD Santo Yusup Malang. Banyak hal yang di dapat dari KKN-K ini, rasa kekeluargaan serta kebersamaan yang semakin kompak diantara peserta KKN, mendapatkan ilmu mengajar walaupun bukan mahasiswa pendidikan, selain itu pembelajaran secara langsung yang didapatkan dari masyarakat desa Bumiayu itu sendiri.

Tidak banyak yang ingin saya ucapkan, namun saya sangat senang sekali telah diberi kesempatan oleh Allah untuk bisa memiliki pengalaman yang sungguh sangat luar biasa seperti ini, selain itu mengenal dan memiliki sahabat - sahabat yang mmm, dapat dikatakan "kece" merupakan salah satu aset yang sangaaat berharga bagi saya, dan sayapun sungguh tidak sabar untuk melihat mereka 10 tahun lagi, dimana kita akan menjadi apa yang kita impikan dan kita perjuangkan selama ini. Aamiin ya Rabb.


Program KKN Konservasi Jurusan Biologi, FMIPA UB 2014