Senin, 16 Februari 2015

Perjuangan dalam Mengerjakan Tugas Akhir

Tugas akhir atau skripsi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mahasiswa. Dapat dikatakan bahwasanya skripsi juga merupakan salah satu hal yang dapat dikenang dikemudian hari. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman dalam mengeerjakan skripsi. 

Sejak awal masuk di Jurusan Biologi saya sudah sangat tertarik dengan stem cells, sehingga salah satu cita-cita saya dapat meneliti stem cells. Pada awalnya ketika TKPS matakuliah penunjang skripsi saya mencoba menghadap dosen pembimbing saya yaitu Prof. Muhaimin untuk mengutarakan ide riset, namun karena keterbatasan antibodi akhirnya sayapun disarankan untuk mempelajari mengenai neutrofil, dan alhamdulillah proposal penelitan mengenai neutrofil sukses untuk dipresentasikan dihadapan dosen penguji TKPS dan dosen pembimbing. Tidak lama setelah TKPS selesai, mungkin sekitar 1 bulan saya dipanggil oleh dosen pembimbing dan ternyata SURPRISE bangeeet, beliau menawarkan kepada saya untuk melakukan riset deksametason yang di dalamnya terdapat salah satu kajian stem cells, yaitu HSCs (hematopoietic stem cells) yang merupakan induk dari segala macam sel darah. Tanpa berfikir lama saya pun menyanggupi untuk mengerjakan proyek tersebut walaupun harus membuat proposal penelitian ulang karena saya merasa mimpi saya sudah di depan mata dan tidak mungkin saya akan melepasnya begitu saja. Saya sangat bersyukur sekali kepada Allah karena cita-cita saya dikabulkan dan proyek inipun 100% didanai oleh dosen pembimbing kami. Ya Allah baik sekali dosen kami, semoga keselamatan selalu menyertai beliau dan saya berharap ketika saya menjadi dosen di daerah, saya mampu mencontoh bahkan menjadi lebih baik dari beliau, Aamiin


Foto bersama setelah melaksanakan seminar hasil penelitian dan yudisium jurusan Biologi

Kembali lagi, selama mengerjakan penelitian, saya bersama tim riset deksametason saling membantu baik dari segi teknis ataupun yang lainnya. Hal yang paling ngangenin adalah ketika melakukan bedah mencit dan flowcitometri, karena pada saat itu lah kami bekerja dengan sangat kompaknya. Analisis flowcitometri merupakan hal yang sangat baru bagi saya, terlebih saya bukan merupakan anak immunologi namun dengan kesabaran dan tekad yang tinggi serta dibantu oleh teman-teman lab. fisiologi hewan akhirnya sedikit demi sedikit saya mampu untuk menganalisis data hasil flowcitometri. 

Akhirnya tiba hari yang dinantikan, ujian skripsi yang penuh dengan ketegangan berlangsung sekitar 30 menit diakhiri dengan diumumkannya kelulusan saya menempuh ujian skripsi. Rasa syukur yang begitu besar untuk Allah SWT karena telah memberikan kelancaran bagi saya untuk mengawali karir sebagai seorang scientist. Semoga Allah selalu meridhoi saya untuk dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak, Aamiin