Minggu, 15 Februari 2015

Wisata Coban Pelangi Poncokusumo

Hari itu adalah hari sabtu, tepatnya tanggal 14 Februari 2015. Secara tidak sengaja pada hari itu saya bisa ikut berwisata ke coban pelangi yang lokasinya berada di daerah Poncokusumo, Kabupaten Malang bersama teman-teman jurusan Biologi UB (Dwi Hardono, Rizky kacang, Andi, Khadafi, Mas Pur, Pak Irfan, Tria, Nia, Dwi, Dean, Nira dan Rani). Sebenarnya wisata tersebut merupakan wisata dadakan tanpa perencanaan, karena seharusnya pada hari tersebut beberapa orang teman yang mengambil kajian konservasi melakukan pengamatan dan penelitian di daerah Poncokusumo, namun berhubung banyak teman-teman yang telah berkumpul di depan Jurusan Biologi maka kita semua langsung saja cabut menuju lokasi tanpa berfikir panjang lagi. 

Perjalanan dari daerah Kota Malang menuju Coban Pelangi dapat dikatakan relatif singkat, yaitu dibutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan dimana akses jalan menuju lokasi wisata sudah cukup baik. Daerah Coban Pelangi ini terletak di daerah dataran tinggi dan sangat dekat dengan gunung Bromo, yaitu sekitar 40 Km. 

Pengelolaan di lokasi wisata oleh petugas sudah cukup baik. Disana sudah tersedia kantin baik di dalam atau di luar lokasi wisata, kemudian sudah dilengkapi dengan WC yang bersih, selain itu terdapat beberapa tempat yang dapat digunakan untuk sholat. Pemandangan yang ditawarkan sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun juga tidak kalah menarik dari lokasi air terjun itu senidiri. Aliran sungai dan hijaunya hutan menambah nilai keindahan dari wisata Coban Pelangi ini.



Wisata Mahasiswa Jurusan Biologi 2011 Universitas Brawijaya